Sejarah

0
Diposting oleh Label: di

     Tahun 2005 merupakan tonggak sejarah awal berdirinya SDN Belimbing Lama 3. SD ini didirikan karena suatu bentuk keprihatinan terhadap dunia pendidikan yang ada di dusun sungai dadap, desa belimbing lama kec. sungai pinang.
awal mula berdirinya SD ini atas prakarsa UPTD Pengaron dan jajarannya yang melihat banyaknya warga yang belum mengenyam bangku sekolahan. suatu keadaan yang miris dimana Tahun 1998 kita mengadakan Reformasi di segala bidang. namun kenyataannya Tahun 2005 masih ada anak-anak bangsa yang tidak dapat mengenyam pendidikan. Pada awal berdirinya SD ini dipercayakan kepada Bapak Triyono untuk mengelola.Beliau juga merupakan Guru Aktif di SDN Belimbing Lama 1 kala itu. Untuk memenuhi kebutuhan Staf Pengajar maka diangkatlah 2 Orang Guru Sukarelawan / Honorer yaitu Suyat dan Deni Setiawan.
     Awal mula sekolah berdiri terdata siswa baru berjumlah 50an orang yang dibagi kedalam 2 kelas. gedung yang dipakai dalam KBM merupakan bantuan dan inisiatif warga sekitar (Alm. Bahtiar) yang peduli akan pendidikan. Suka duka banyak dialami oleh staf pengajar tersebut. Mulai dari kondisi jauh dari keluarga, medan yang sangat terjal karena melewati puluhan perbukitan, tidak adanya akses transportasi dan komunikasi. 6 Bulan pertama mereka lalui tanpa ada gaji. hal tersebut terjadi karena memang tidak adanya dana operasional sekolah, tidak ada juga iuran dari orang tua siswa. Untuk makan mereka mengandalkan ternak yg dimiliki, sayur-sayuran mereka coba cari dari dalam hutan. apapun asal bisa mengenyangkan.
    Pada Tahun yang sama Sungai Dadap menjadi heboh dan perbincangan dikalangan petinggi kabupaten dikala itu. hal ini dikarenakan adanya perebutan tapal batas dan diduga kandungan barang tambang (Batu Besi) yang sangat berlimpah. Untuk memperkuat posisi kabupaten pada Tahun 2007, SD ini menginduk pada SDN Belimbing Lama 1 menjadi SD Fillial SDN Belimbing Lama 1. Dan sejak saat itulah dana BOS mulai masuk untuk membiayai operasional.
     Pada Tahun 2008 SD ini di Negerikan berdasarkan "Kep. Bupati Banjar No.87 tahun 2008" Menjadi SDN BELIMBING LAMA 3. Satu tahun kemudian tepatnya Tahun 2009 karena keterbatasan daya tampung siswa maka SD ini memdapat bantuan rehab 3 lokal ruang kelas. Ruang ini kemudian disekat menjadi beberapa bagian dan digunakan untuk 6 kelas, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru dan Perpustakaan.
     Tahun 2009 pula SD ini memdapat bantuan Ruang UKS, bantuan tersebut sangatlah berguna tidak hanya bagi warga sekolah tetapi berguna juga untuk warga sekitar. Dikarenakan akses kesehatan di Sungai Dadap sangatlah sulit. Ketika ada yang sakit maka UKS kami menjadi rujukan penanganan pertama bagi orang yang sakit.
     Tahun 2009 dan 2010, SD ini mendapat tambahan pengajar yaitu Triyanti dan Dwi Nur Afandi. Tahun 2010 ini juga merupakan Tahun pertama SD ini meluluskan sejumlah 3 Orang. Bagi sebagian sekolahan mungkin memuluskan 3 orang merupakan suatu hal yang memalukan, tapi bagi kami bisa meluluskan siswa kami adalah suatu kebanggaan. Ini karena pola pikir masyarakat yang enggan menyekolahkan anaknya hingga lulus. Mereka cukup menginginkan anak-anaknya bisa membaca,menulis dan berhitung. jika sudah bisa membaca, menulis dan berhitung maka kebanyakan memilih putus sekolah untuk bekerja membantu orang tua.
     Tahun 2011 Pengelola sementara Bapak Triyono digantikan Kepala Sekolah Definitif Bapak Thomas Sarmanto. Beliau dikenal cukup senior dikalangan guru, sudah mengajar sejak tahun 1988. Besar harapan kami beliau membawa perubahan besar demi kemajuan SDN BELIMBING LAMA 3.
SHARE TO : Facebook Twitter Google+ Pinterest Linkedin
Back to Top